SAHABAT FERRY ARBANIA

Gempa 6,8 SR Di Bali Guncang Warga Sumenep


Sumenep, Memo

Kekuatan gempa 6,8 sekala richter (SR) yang  mengguncang kawasan Pulau Nusa Dua, Bali Kamis (13/10), ternyata juga dirasakan oleh ratusan warga yang tinggal di kepulauan Sapeken, Kabupaten  Sumenep, Madura.


“Yang merasak persis guncangan gempa Nusa Dua, Bali itu terutama warga yang tinggal di Dusun Mandar dan Dusun Ra’as beserta warga kampong kota Desa Sapeken kecamatan pulau Sapeken”, kata Nur Asyur, warga kepulauan yang juga anggota DPRD Sumenep, Sabtu (13/10).

Guncangan gempa itu membuat warga ketakutan dan mengaku trauma akan menyusul bencan tsunami, seperti yang terjadi di Nagroe Aceh Darussalam, beberapa tahun lalu. Apalagi secara goegrafis, perairan laut Sapeken yang memanjang itu sangat menyembarang lurus menuju laut Bali, bahkan disbanding dengan perairan laut Sumenep sendiri. “Saking paniknya malah ada sebagian warga yang sudah mencari tempat didataran paling tinggi karena khawatir terjadi gempa susulan maupun gelombang tsunami”, imbuhhnya.

Sementara Samsul Arifin , Kepala BMKG Kalianget Sumenep, guncangan gempa di Bali itu  dirasakan juga oleh masyarakat di Pulau Sapeken. Pihaknya menyarankan agar warga tidak panic karena kemungkinan terjadinya Tsunami itu diprediksi tidak akan terjadi. “ Begitu juga dengan kekhawatiran terjadinya gempa susulan tidak usah dikhawatirkan, karena kalaupun ada gempa suusulan volumenya tidak akan sebesar yang sudah terjadi pada kamis lalu”, ujar Samsul Arifin, kepala BMKG Kalianget. (fr/yy)


Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.