SAHABAT FERRY ARBANIA

Nostalgia Bersama Mantan Bupati Pamekasan


Beberapa bulan sebelum berakhir masa jabatannya pada tahun 2008 silam, saya pernah hampir semalam suntuk di rumah Ahmad Syafii, mantan Bupati Pamekasan priode 2003-2008 yang saat ini menjabat sebagai anggota DPR RI dari Dapil Madura, melalui partai Demokrat.


Ada yang menarik dari kepribadian Syafii, yakni tentang kesederhanaan dan semangat percaya diri, Bahkan ketika ditanya soal bagaimana jika seseorang yang secara ekonomi tergolong  miskin bercita-cita ingin menjadi orang besar, taruh contoh hendak menjadi seorang bupati,  dia menyimpulkan bahwa modal utama adalah percaya diri.

Percaya diri yang dimaksud adalah kemampuan untuk menguasai banyak hal tentang kehidupan manusia terutama kemampuan mengendalikan keinginan diri yang seringkali bersebrangan dengan hati nurani. Sesuatu yang bertentangan dengan nurani, bisa dipastikan juga bertentangan dengan masyarakat diluar diri kita.

Dan yang tak kalah pentingnya, kemampuan Sumber daya manusia seorang pemimpin itu bukan semata-mata ditentukan oleh kelihaiannya dalam menyampaikan argumentasi dan retorika belaka. Lebih dari itu, seorang pemimpin harus mampu memberi telada yang baik dalam keluarga, lingkungan dan masyarakat secara luas.

Sewaktu masih aktif di salah satu station radio swasta di Madura, saya dan Pak Syafii bisa dipastikan bertemu saban minggu malam dalam sebuah obrolan santai bersama masyarakat pamekasan yang difasiliasi melalui kegiatan on air dan sambungan komunikasi melalui telpon sangat terdengar akrab.

Program tersebut mendapat sambutan hangat dari kalangan masyarakat luas, karena diyakini menjadi jembatan praktif efesien bagi siapa saja untuk berdialog langsung dengan seorang bupati. Syafii dikalangan anak muda juga sering dibangga-banggakan karena setiap kali diundang dalam acara sederhanapun tak pernah menolak hadir. (bersambung)
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.