SAHABAT FERRY ARBANIA

Laundry Era 1916

Baju anda kotor? Bawalah ke penatu atau sering disebut binatu alias laundry. Kalau saat ini pekerjaan di penatu didominasi perempuan, dulu di tahun 1916 sektor ini dikuasai lelaki.
Kartupos ini memperlihatkan proses pencucian di penatu dimana delapan pekerja yang semuanya kaum Adam sedang bekerja keras. Beberapa baju dan peci yang dilepaskan ditaruh di atas dinding di belakangnya. Orang sebelah kiri dan sebelah kanan tampaknya kepanasan. Mereka menggunakan baju basah untuk menyegarkan kepalanya.
Di kartu pos ini terlihat tiga mesin cuci manual yang terdiri dari tong berisi air dan papan cuci. Cucian dimasukkan tong berisi air dan kemudian disabunkan dan digosok di papan cuci. Selain sabun, pada zaman itu juga seringkali dipakai pemutih berwarna biru yang kini sudah jarang dipakai lagi. Kemudian baju diperas agar airnya keluar. Proses ini diulang terus sampai baju bersih dan kemudian baju dikeringkan di lantai atau digantung pada tali.ins



Sumber: surabayapost.co.id
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.