5 Tips Anti Jenuh saat Belajar

FERRY ARBANIA
By -
0
|Ferry Arbania|Jadwal kuliah dan beragam aktivitas di kampus bikin kamu jenuh? Mungkin hal itu sesuatu yang wajar saja, sebab yang namanya rutinitas, apa pun bentuknya berpotensi membuatmu jenuh.

Memang cukup menyulitkan jika kamu berusaha keras mengembalikan mood-mu, entah itu mood belajar atau sekadar membuatmu sedikit rileks. Terlalu fokus belajar bisa membuatmu pusing, pun sebaliknya.

Sebenarnya ada cara supaya kamu bisa tetap konsentrasi belajar tanpa kehilangan mood. Untuk itu, simak tipsnya yang dinukil College Blender, Jumat (23/9/2011):

1. Lantunan Musik.
Mendengarkan musik sementara kamu mengerjakan tugas atau sekadar belajar untuk kuis esok hari bisa membantumu untuk menenangkan pikiran dan menjaga mood baikmu. Pilihlah musik favoritmu, baiknya jangan pilih aliran musik yang keras. Ingat, kamu sedang belajar, bukan sedang santai atau tengah dirudung kegalauan.

2. Perpustakaan.
Bukan karena perpustakaan yang ditujukan untuk belajar saja, namun kamu bisa mendapatkan ketenangan di sana. Pilih tempat strategis yang kiranya bisa memudahkanmu mengambil buku. Suasana perpustakaan dipercaya bisa meningkatkan mood belajarmu.

3. Belajar lebih awal dan teratur.
Belajar lebih awal maksudnya yaitu kamu sudah mempelajari materi lebih dulu sebelum kuliah mulai. Keuntungannya, kamu bisa menanyakan pada dosen, hal apa yang membuatmu bingung. Selain itu, kamu bisa memahami sesuatu lebih cepat dibanding lainnya, dengan begitu, tantangan semacam kuis atau ujian tengah semseter saja sih lewat.

4. Pilih teman belajar.
Percaya atau tidak, mood belajar acap kali dipengaruhi teman loh. Untuk itu, kamu harus bisa memilih teman untuk mendukung kegiatan belajarmu. Pilih yang kiranya enak diajak diskusi, ramah, dan kritis terhadap materi. Soalnya, kadang teman yang ber-IPK tinggi belum tentu enak diajak diskusi.

5. Bersenang-senang dalam belajar.
Anggap perkuliahan atau belajar itu sebagai pengalaman yang seru, biasanya kebosanan melanda ketika dosen atau materi kuliah tidak menarik untuk kamu. Untuk itu, kamu perlu memotivasai dirimu untuk tetap tertarik dengan apa yang kamu jalani. Bersenang-senang saja dengan materi kuliah yang mungkin membuatmu bosan dengan cara membuat kuis dengan teman-teman seusai kelas, atau anggap dosenmu sedang melakukan dialog suatu pertunjukan dengan materi kuliahmu.(rhs)

Sumber:http://kampus.okezone.com

Post a Comment

0Comments

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia

Post a Comment (0)