SAHABAT FERRY ARBANIA

Tarekat Anfusiyah Puasa Hari Ini

ilustrasi
|Ferry Arbania|Mojokerto - Sedikitnya 100 orang yang mengikuti Jamaah Tarekat Anfusiyah tadi malam telah melakukan salah Tarawih. Dan hari ini, Minggu (30/7/2011) akan menjalankan ibadah puasa. Hal ini dilakukan karena menurut perhitungan dan hasil hilal, 1 Ramadan jatuh pada Minggu.

"Sesuai rukyah dan hilal, 1 Ramadan jatuh Minggu. Otomatis kita (Tarekat Anfusiyah, red) tadi malam melakukan tarawih dan Minggu wajib berpuasa," kata Nur Hadi, pengasuh Jamaah Tarekat Anfusiyah kepada detiksurabaya.com di rumahnya, Minggu (31/7/2011).

Menurutnya, alasan jamaah yang ada di Dusun Sanggrahan Desa Ngingas Rembyong, Kecamatan Sooko Mojokerto ini berpuasa adalah, sesuai dengan perhitungan bulan Rajab lalu. Pada bulan itu, terjadi gerhana bulan Kamis, 16 Juni 2011 sekitar pukul 02.00 Wib dini hari lalu.

Dia menjelaskan, bahwa pada bulan Rajab sendiri ada 30 hari, berarti jika gerhana bulan terjadi saat itu, otomatis menandakan sudah tanggal 15 Rajab dan bulan Syaban tinggal menghitung 15 hari kemudian.

"Namun saat itu terjadinya gerhana sekitar pukul 02.00 Wib. Makanya kita ragu, apakah masih tanggal 14 Rajab atau 15," imbuhnya.

Saat memasuki bulan Syaban yang menurutnya hanya mempunyai waktu 29 hari ini, dia mengalami keraguan untuk menentukan 1 Ramadan karena keraguan awal saat gerhana bulan pada bulan Rajab lalu. Maka dari itu, pihaknya menggenapkan bulan Syaban selama 30 hari.

"Sesuai hadist Rasulullah, jika kita menemukan keraguan dalam menentukan awal Ramadan, maka bulan Syaban harus digenapkan selama 30 hari dalam kalender Qamariyah," papar laki-laki beruban ini sembari mengartikan sebuah hadist Nabi Muhammad SAW.

Informasi yang dikumpulkan detiksurabaya.com, Nur Hadi dan sekitar 100 orang ini sudah melakukan salat Tarawih di Masjid Manzilul Abidin di kampungnya. Jumlah rakaat salat Tarawih yang dilakukan Tarekat Anfusiyah ini sendiri seperti Nahdlatul Ulama (NU), yakni 20 rakaat Tarawih dan 3 rakaat Witir, setelah itu melakukan tadarus.

"Kita di sini sangat baik pada aliran lain, seperti NU dan Muhammadiyah. Kita berharap tidak ada salah faham, karena ini merupakan keyakinan kita," katanya.

(fat/fat)
Sumber:surabaya.detik.com
Sumber Foto:fc04.deviantart.net 
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia