Demo Berujung Bentrok di Manokwari, 1 Wartawan dan 5 Polisi Terluka

FERRY ARBANIA
By -
seruuseruuLima polisi terluka dalam bentrokan dengan pengunjuk rasa Komite Nasional Papua Barat, di Manokwari, Selasa (23/10/2012). Kepala Kepolisian Resor Manokwari, Papua Barat, Ajun Komisaris Besar Polisi Agustinus Supriyanto mengatakan, lima anggotanya kini dirawat di rumah sakit.
"Masih dirawat, mereka terkena lemparan batu dari pendemo. Saya kurang tahu apakah dari KNPB ada juga yang luka," kata Agustinus Supriyanto, Selasa siang Ia membantah dugaan pihaknya menembak demonstran. Pengunjuk rasa marah setelah polisi dengan senjata lengkap menghadang aksi massa. Dalam insiden itu, seorang wartawan dari Suara Papua, Oktovianus Pogau, terluka dipukul aparat. "Tidak ada penembakan, kalau ada kabar bahwa ada yang tertembak, tidak benar," ujarnya.

Peristiwa itu bermula ketika seorang pengunjuk rasa melempar batu ke arah sejumlah orang yang mengambil gambar dari arah belakang polisi. Tak terima adanya pelemparan, polisi kemudian menembak ke atas untuk membubarkan massa. Sempat terjadi kejar-kejaran polisi dan demonstran yang berpakaian adat. "Tidak ada yang ditangkap, sekarang situasi sudah kembali kondusif," kata Supriyanto.

Unjuk rasa ratusan pendukung KNPB dimulai sekitar pukul 10.30 WIT. Akibat insiden itu, belasan pendemo ditangkap. "Massa KNPB masih memblokade jalan di wilayah Amban, dekat Universitas Negeri Manokwari, mereka menuntut rekan mereka dibebaskan," kata Duma, warga Manokwari.

Ketua Umum Komite Nasional, Viktor Yeimo mengecam tindakan aparat yang menahan anggotanya. "Ini tidak bisa diterima, kita hanya menyampaikan aspirasi. Saya dengar ada dua orang dari pihak kami yang ditembak," katanya.

Ia meminta kepolisian tidak gegabah dalam menangani aksi massa. "Saya kira Kapolda harus bertanggungjawab, kita tahu bagaimana latar belakang Tito Karnavian, ini skenario untuk melemahkan perjuangan KNPB," ucapnya.

Unjuk rasa KNPB hari ini mendukung International Lawyers for West Papua di London, Inggris, juga berlangsung di Jayapura, Biak, dan Kabupaten Fakfak. Di Jayapura, polisi membubarkan demonstran yang meminta referendum di Perumnas III Abepura dan Ekspo. Sedangkan di Fakfak, polisi menyita sejumlah alat tajam dari tangan pengunjuk rasa. [tmp]