SAHABAT FERRY ARBANIA

1 Muharam, Momentum untuk Keberagaman

|Ferry Arbania|Tahun baru Hijriyah 1433 yang jatuh pada tanggal 27 November ini adalah momentum untuk mempertebal rasa kebangsaan antarumat di Indonesia, seperti diserukan oleh Yayasan Pemberdayaan Pelajar ISlam (YPPI) Riau dan Pengajian Wisata Hati Riau.
Dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriyah 1433 kali ini, YPPI dan Wisata Hati menggelar acara bertajuk Gema Cinta Muharram di halaman parkir Masjid Agung An Nur Pekanbaru, Sabtu.
"Ini adalah upaya untuk lebih memasyarakatkan tradisi Islami dan syiar sekaligus," kata koordinator acara tersebut, Rubiyono.
Gema Cinta Muharram yang dimeriahkan dengan bazaar berbagai kesenian Islami itu dikatakan Rubiyono, adalah penyambutan datangnya tahun baru Hijriyah sekaligus upaya peningkatan silaturahim dan persaudaraan antarumat Islam maupun dengan umat lainnya di Indonesia.
"Karena situasi dan kondisi yang sedang rawan konflik akhir-akhir ini akibat menipisnya rasa persaudaraan di tengah masyarakat," katanya.
Menurut Rubiyono, tingginya potensi konflik dewasa ini dapat diredam jika masing-masing pihak yang berseberangan dapat mengedepankan rasa persaudaraan. "Kuncinya toleransi, saling menghormati dan kemauan memaknai perbedaan sebagai rahmat" katanya.
Acara Gema Cinta Muharram dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan kesenian Islami yang didukung oleh siswa berbagai sekolah di wilayah Pekanbaru. Sementara datangnya tahun baru pada matahari tenggelam nanti akan disambut dengan tabuh bedug bersama.
"Ada fashion show Islami, nasyid, dan lomba da’i cilik, sementara acara akan berlangsung hingga Minggu esok," katanya.
Panggung hiburan, lomba dan seluruh kemeriahan itu dikatakan Rubiyo sebagai sebuah momentum untuk keberagaman Indonesia.
Sumber :
ANT
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.