SAHABAT FERRY ARBANIA

Siapa yang Menembak Khadafy?

Seorang petempur Dewan Transisi Nasional Libya (NTC) menunjukkan pipa beton besar di mana pemimpin Libya yang terguling, Moammar Khadafy ditangkap, dengan seorang pria bersenjata yang merupakan loyalis Khadafy tergelak-tewas di depan lubang pipa itu, di kota pesisir Sirte, Kamis (20/10/2011). Tulisan grafiti Arab warna biru di lokasi berbunyi, "Ini adalah tempat Khadafy, si tikus. Allah Maha Besar." Khadafy pernah menyebut para pemberontak Libya sebagai "tikus-tikus".
|Ferry Arbania|WASHINGTON, KOMPAS.com - Jet-jet tempur Perancis dan pesawat tanpa awak AS, Predator, Kamis (20/10/2011) pagi, menyerang sebuah konvoi besar yang terdiri dari 100 lebih kendaraan roda empat yang  melarikan diri ke arah barat Sirte, kampung Mommar Khadafy.
Koresponden CBS News, David Martin, melaporkan, konvoi itu mencoba untuk menghindari pesawat dengan membelah diri menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Namun, setidaknya 15 kendaraan terkena serangan dan penumpangnya tewas. Kendaraan yang ternyata membawa Khadafy rusak tapi tidak hancur. Khadafy dan pengawalnya meninggalkan kendaraan itu dan berlindung di pipa drainase yang berada di bawah jalan raya. Di situlah mereka tersudut. Serombongan petempur anti-Khadafy mengepung.
Lalu siapa yang menembak Khadafy? Jawaban atas pertanyaan itu masih menjadi misteri. CBS Newsmelaporkan, berdasarkan sebuah laporan, si penembak merupakan pengawal Khadafy sendiri. Ia termasuk salah satu dari mereka yang terlihat telah tergeletak tak bernyawa di lubang pipa drainase itu. Ada dugaan, si pengawal menembak agar Khadafy tak tertangkap dalam keadaan hidup.
Ketika tertangkap, Khadafy dipersenjatai dengan sebuah pistol emas, yang sekarang menjadi trofi bagi pemberontak yang delapan bulan lalu tidak punya kesempatan untuk melawan salah satu rezim paling represif di dunia itu.
Sebagaimana tampak dalam gambar video yang mengerikan, Khadafy tertangkap dalam keadaan masih hidup. Begitu tertangkap, ia ditangani secara kasar. Apakah ia bisa bertahan hidup jika lukanya mendapat perawatan yang lebih baik? Entahlah.
Salah seorang putranya juga tewas pada Kamis kemarin. Seorang putra yang lain dilaporkan ditangkap. Dengan sebagian besar anggota lingkaran dalam Khadafy telah tewas, ditangkap atau berada di pengasingan, NATO -setelah menerbangkan lebih dari 26.000 misi- sekarang dapat mengakhiri kampanye pemboman tersebut.
Namun sekarang Libya tiba pada bagian yang sulit, yaitu membangun suatu pemerintahan demokratis di negara yang tidak mengenal bentuk pemerintahan lain kecuali rezim Khadafy selama empat dekade terakhir.
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.