|Ferry Arbania|BuzzCity melihat prospek mengenai bagaimana para blogger Indonesia dapat mendulang keuntungan dari...
BuzzCity melihat prospek mengenai bagaimana para blogger Indonesia
dapat mendulang keuntungan dari blog mereka dengan memanfaatkan
pertumbuhan konsumsi mobile internet.
Fenomena ini akan menjadi
peluang besar untuk para blogger di Indonesia. Berdasarkan survei yang
dilaksanakan oleh BuzzCity, 94 persen dari penduduk Indonesia yang
disurvei menggunakan internet paling sedikit satu kali sehari, dan lebih
dari setengah responden mengatakan mereka berselancar di internet
paling sedikit enam kali sehari.
Orang Indonesia juga menghabiskan
waktu lebih banyak berselancar internet bila dibandingkan dengan
responden dari banyak negara lain, karena 54 persen dari responden
mengatakan bahwa mereka menghabiskan waktu lebih dari satu jam tiap
sesinya.
Sepanjang libur Lebaran pada bulan Agustus 2011 yang
lalu, jaringan iklan BuzzCity tidak mengalami penurunan trafik mobile
internet. Jaringan BuzzCity melayani 1.2 miliar iklan sepanjang bulan
Agustus 2011, peningkatan sebesar 20 persen dibandingkan bulan Juli.
Konsumsi konten-konten berlanjut sepanjang waktu liburan.
"Indonesia
akan mengalami ledakan mobile internet dalam waktu dua tahun kedepan.
Pada saat ini, Indonesia mempertahankan posisinya sebagai pasar kedua
terbesar untuk iklan mobile. Bayangkan bagaimana keadaannya pada dua
tahun mendatang," kata KF Lai, CEO BuzzCity, seperti dilansir melalui
keterangan resminya, Kamis (29/9/2011).
"Ponsel fitur dan juga
smartphone yang semakin murah, perbaikan jaringan operator
telekomunikasi dan harga layanan data yang semakin kompetitif dapat
memperbesar jangkauan mobile internet dan menghadirkan suatu peluang
besar bagi para blogger Indonesia", tambah KF Lai.
Saat ini, hanya
sedikit orang yang tahu bagaimana menjadi aktif dalam dunia mobile
blogosphere dan mendulang keuntungan melalui iklan-iklan mobile.
"Fitur
Mobilizer memungkinkan Anda mengubah blog atau situs menjadi sebuah
situs mobile hidup tanpa memerlukan pemrograman lebih lanjut,"
tambahnya.
BuzzCity mengajak dan menyarankan blogger untuk menjadi
rekanannya, yang disebut sebagai "publisher", dan BuzzCity menawarkan
metode pendapatan PPC (Pay per Click) untuk setiap iklan banner grafik
dan iklan teks yang ditampilkan pada situs publisher.
Sebagai
publisher BuzzCity, blogger akan menerima set koding untuk dipasang pada
situs blog mobile mereka, dan blogger bebas mengatur penempatan iklan
tersebut.
Blogger juga dapat memilih kategori pengiklan, menerima
laporan mengenai jumlah pendapatan yang dihasilkan dari BuzzCity, serta
menelusuri langsung pergerakan pendapatan mereka. Peluang yang sama juga
tersedia untuk pengembang aplikasi dan blogger pemula.
Jadikan Blog Sebagai 'Tambang' Uang
By -
October 01, 2011
0
Ferry Arbania , Sahabat Indonesia