SAHABAT FERRY ARBANIA

16 Hal Tentang Si Lingkar Hitam

|Ferry Arbania|LINGKAR hitam di bawah mata serta mata sembab dan bengkak seringkali menjadi masalah wajib yang ditemui hampir sebagian besar wanita di setiap pagi mereka. Untuk mengatasinya, mengompres dengan air dingin hingga mengoles mata dengan krim khusus pun dilakukan agar si lingkar hitam enyah dari wajah.
Namun, tahukah Anda ada beberapa hal yang memicu si lingkar hitam menyebalkan itu datang. Dan berikut ini enam belas hal yang wajib Anda ketahui tentang si lingkar hitam dan cara mengatasinya.
1. Gejala alergi
Sembab pada mata bisa jadi timbul dari reaksi alergi atau infeksi pada ginjal. Kelemahan ginjal ini diakibatkan kelelahan dan kurang istirahat serta relaksasi.
Pengobatan medis di Cina menyatakan bahwa lingkaran hitam bawah mata merupakan tanda kelemahan dalam kinerja ginjal manusia. Ginjal juga mampu mengeluarkan hormon pigmen melanin. Artinya, ginjal yang tidak sehat, memproduksi dan akhirnya menumpuk pigmen di sekitar bawah mata dan tempat lain di sekitar wajah.
Jika gejala lain juga hadir menyertai sembab di mata, seperti demam, ruam pada kulit atau kesulitan bernapas, segera konsultasikan dengan dokter Anda.
Cari tahu makanan yang memicu alergi tersebut dan segera hilangkan dari menu makanan Anda. Alergi yang paling sering terjadi biasanya berasal dari susu sapi hasil pasteurisasi, biji-bijian olahan, buah-buahan dan sayuran yang terpapar residu pestisida. Alergi juga bisa disebabkan oleh produk kecantikan komersial, seperti krim khusus mata atau maskara.
2. Berhubungan dengan PMS
Periksa apakah lingkar gelap di bawah mata dan bengkak yang menyertainya itu terkait dengan siklus bulanan Anda. Jika bengkak muncul beberapa hari sebelum periode menstruasi Anda datang, bisa jadi itu memang terkait dengan Premenstrual Syndrome (PMS).
Cobalah menggunakan diuretik alami, seperti teh hijau dan mengurangi makanan asin serta meminimalkan asupan menu yang mengandung karbohidrat, sekitar satu minggu sebelum periode menstruasi Anda datang. Hal ini dilakukan untuk mengurangi secara drastis hormon yang memicu munculnya lingkar gelap di bawah mata, yang disebabkan oleh retensi air pramenstruasi.
3. Faktor keturunan
Apakah ibu atau nenek Anda juga memiliki keluhan yang sama karena terganggu dengan lingkar hitam di bawah mata mereka? Jika ya, maka gangguan pada wajah tersebut berasal dari kondisi herditer yang berjalan di dalam keluarga atau sudah diwariskan turun temurun dari generasi sebelumnya.
Dalam kasus seperti itu, tidak banyak yang bisa Anda lakukan selain mencoba untuk menyamarkan si lingkar hitam itu dari penampilan Anda. Namun ingat, jangan tertipu oleh produk kecantikan komersil semacam krim ajaib yang tidak jelas kandungan di dalamya.
4. Pembuluh darah membesar
Lingkar hitam yang muncul di bawah mata Anda bisa juga disebabkan karena pembuluh darah pada mata yang membesar. Untuk mengatasinya, tidurlah dengan bantal yang ditumpuk tinggi, hal ini bisa membantu memperlancar aliran darah yang tersumbat di bawah mata. Sementara di pagi hari, kompres mata dengan air dingin sekitar lima menit untuk menyempitkan pembuluh darah. Tapi perlu diingat, jangan gunakan es atau air yang sangat dingin langsung ke kulit di sekitar mata selama lebih dari beberapa detik.
5. Hidung tersumbat
Ditengarai, hidung tersumbat dapat melebarkan dan menggelapkan pembuluh vena yang berjalan dari mata ke hidung sehingga timbul lingkar hitam di bawah mata. Penyakit lainnya yang dapat menggelapkan lingkar mata adalah sinus dan sakit tenggorokan.
6. Makanan sehat
Untuk mengatasi si lingkar hitam, tubuh membutuhkan dosis Vit C, Vit E, Vit K dan zat besi serta asam folat yang cukup,  yang terkandung pada buah jeruk, berry, sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijan, alpukat, ikan laut, daging sapi, keju juga teh hijau. Dan sebaiknya hindari makanan olahan dan berminyak.
7. Cukup tidur
Salah satu alasan paling umum di balik munculnya lingkar hitam dan bengkak di bawah mata adalah sedikitnya waktu yang dihabiskan untuk tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan kulit Anda terlihat pucat, sehingga pembuluh darah terlihat melalui kulit, dan menimbulkan efek lingkaran gelap di bawah mata. Jadi, pastikan Anda memperoleh waktu tidur setidaknya 7-8 jam sehari.
8. Pengobatan alami
Ada banyak pengobatan alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk menyingkirkan si lingkar hitam menyebalkan. Irisan mentimun dingin, bola kapas yang dicelup dalam jus kentang atau daun mint yang dihancurkan serta satu sendok teh jus tomat dan jeruk nipis, juga mengompres mata dengan bekas teh celup benar-benar dapat membantu meringankan stres pada mata.
Namun, berhati-hatilah, sebelum menggunakan teh celup sebagai obat alami untuk mengatasi lingar hitam di bawah mata, sebaiknya ketahui terlebih dulu jenis teh celup yang Anda gunakan. Karena alergi kantong teh celup jenis chamomile mungkin bisa menimbulkan bengkak pada mata.
9. Dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar dan membengkak sehingga menyebabkan munculnya lingkar hitam. Jadi, pastikan Anda memenuhi asupan air putih setidaknya 8 gelas per hari dan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung terlalu banyak garam.
10. Tinggalkan kebiasaan buruk
Ya, merokok dan minum minuman keras adalah sebagian dari kebiasaan buruk yang wajib ditinggalkan jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang sehat. Merokok menyebabkan penuaan dini dan nikotin yang terkandung di dalamnya menyebabkan penyempitan pembuluh darah sehingga mengakibatkan sirkulasi peredarah darah terhambat dan memunculkan lingkar hitam pada wajah.
Kandungan dalam alkohol juga dipercaya bisa menghambat kerja jantung memompa aliran oksigen ke seluruh tubuh. Jadi, jika ingin tetap sehat, tinggalkan segera gaya hidup tidak sehat dan kebiasaan buruk yang merusak tubuh dan kulit Anda.
11. Anemia
Kekurangan zat besi atau Anemia bisa memicu timbulnya semburat kebiruan di bawah mata Anda. Jadi, jangan tunda, segera periksakan diri ke dokter jika timbul gejala Anemia termasuk kulit pucat, sesak napas, detak jantung cepat serta kelelahan.
12. Pelindung tabir surya
Kita semua tahu bagaimana sinar matahari juga memiliki pengaruh buruknya untuk kulit, terutama untuk kulit sensitif di bawah mata kita. Jadi, jangan lupa gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit sensitif disebabkan oleh paparan sinar matahari. Juga, sebaiknya gunakan kacamata pelindung agar mata terlindungi dari iritasi.
13. Latihan otot-otot wajah
Percaya atau tidak, melatih otot-otot wajah bisa membantu mengencangkan kulit wajah sehingga mengurangi kerut hitam yang mengganggu penampilan Anda. Lakukan pemijatan ringan di sekitar mata. Gunakan ujung jari, buat gerakan memutar di area di bawah mata. Hal ini membantu melancarkan sirkulasi peredaran darah di bawah mata dan "memuluskan" kerutan kecil di sekitar mata.
14. Komputer dan laptop
Menatap layar komputer atau laptop terlalu lama dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata yang memicu munculnya lingkar hitam di bawah mata. Sebaiknya, tempatkan layar sedikit di bawah jarak pandang mata. Jarak antara layar dan Anda perlu diatur, setidaknya berjarak 20 inci.
Tempatkan juga layar filter non silau untuk mengurangi silau pada mata, Berikan juga waktu istirahat pada mata setelah seharian waktu Anda dihabiskan untuk menatap layar komputer. Pun, jangan abaikan jika mata mulai terasa gatal dan pedih, segeralah periksakan ke dokter mata.
15. Kamuflase riasan mata
Untuk menyamarkan lingkar gelap di bawah mata, gunakanlah krim mata atau gel ringan khusus mata. Biarkan meresap selama beberapa menit, lalu tepukan concealer krim warna senada atau lebih muda dari warna kulit Anda. Sebagai sentuhan terakhir, aplikasikan bedak tabur, untuk mencegah penggumpalan make up di sesela kulit wajah.
16. Hindari stres berlebihan
Poin terakhir namun sangat penting, yaitu, berhentilah stres. Semakin stres, membuat kulit juga turut dilanda stres, dan itu berimbas pada kesehatan kulit wajah Anda.


(maya/CN19)
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia