Perbedaan antara Holland dan Netherland

FERRY ARBANIA
By -
0
 by: Ferry Arbania
Mungkin sebagian dari kita bingung dengan kedua istilah yang merupakan sebutan untuk negara Belanda ini. Kata Belanda sendiri dalam bahasa Indonesia berasal dari bahasa Portugis yaitu Holanda - Wolanda - Welanda - Belanda, menyesuaikan dengan kenyamanan lidah orang-orang Indonesia.

Kata Holland biasa digunakan untuk menyebut satu kesatuan Kerajaan Belanda. Padahal penyebutan Belanda dengan kata Holland adalah kurang tepat karena Holland itu sendiri adalah bagian dari Propinsi Belanda yang terletak di sebelah barat negara tersebut. Propinsi ini banyak memainkan peran penting dalam sejarah Belanda terutama dalam meraih kemerdekaan dari Spanyol. Pada abad ke-17 propinsi ini merupakan wilayah yang paling berkembang dan merupakan kekuatan ekonomi dan maritim yang mendominasi negara Belanda terhadap propinsi-propinsi lainnya, sehingga nama Holland menjadi sangat terkenal untuk menyebut negara ini. Saat ini Propinsi Holland tersebut terbagi menjadi dua propinsi yaitu Holland Utara (Noord-Holland) dan Holland Selatan (Zuid-Holland). Kota-kota terbesar di Belanda seperti Amsterdam, Den Haag, dan Rotterdam masing-masing terletak di salah satu propinsi ini.

Holland berasal dari istilah Belanda abad pertengahan holtland (tanah berpohon-pohon). Kemudian nama ini disederhanakan menjadi Holland.

Nama resmi negara Belanda adalah Nederland (Bahasa Inggris: Netherlands) yang secara harfiah artinya adalah ‘tanah rendah’. Dalam Bahasa Belanda Neder artinya rendah, land artinya daratan, tanah. Negara ini sangat datar dan banyak wilayahnya terutama di bagian barat dan bagian utara berada di bawah permukaan laut. Titik tertinggi adalah Gunung Vaals (Vaalserberg), terletak di Propinsi Limburg, di daerah paling selatan negara ini yang hanya mencapai 322 meter di atas permukaan laut. Sedangkan titik terendah adalah Zuidplaspolder, sebuah polder, yang terletak di dekat kota Nieuwerkerk aan den Ijssel yang berlokasi di Propinsi Holland Selatan. Banyak rakyat Belanda yang suka berjalan-jalan mengendarai sepeda karena sangat ratanya negara tersebut. Tahukah Anda bahwa hampir setiap penduduk Belanda memiliki satu sepeda.

Meskipun Nederland adalah nama resmi negara Belanda, tapi nama Holland lebih populer dibandingkan Nederland, sehingga kedua istilah ini mengandung maksud yang sama.
sumber:http://kulinet.com
sumber gambar: http://jv.wikipedia.org

Post a Comment

0Comments

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia

Post a Comment (0)