Si Farhan Adalah Kurdi

FERRY ARBANIA
By -
1

Demokrat Kritis yang santun

Post a Comment

1Comments

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia

  1. Farhan artinya bergembira
    Kurdi adalah firus
    ........
    Bangsa Iran adalah kelompok etnis yang menggunakan bahasa-bahasa yang tergolong dalam keluarga bahasa Iran. Bangsa Iran juga turut merujuk kepada keturunan bangsa Iran Purba.[1][2] Bangsa ini kebanyakan menetap atau tinggal di Timur Tengah, Asia Tengah dan Asia Selatan. Namun begitu, penutur bahasa Iran bisa dijumpakan di seluruh Eurasia, dari kawasan Balkan hingga ke Xinjiang di Tiongkok Barat.[3][4] Istilah bangsa Iran ini kadang kala tertukar dengan rakyat Iran di mana keduanya adalah perkara yang berbeda. Hal ini terjadi karena tidak semua etnis di Iran tergolong dalam bangsa Iran seperti etnis Arab.

    Asal-usul bangsa Iran ini adalah dari suku purba Proto-Indo-Eropa Arya yang juga dikenal sebagai Proto-Iran. Peninggalan arkeologi yang dijumpai di Rusia, Asia Tengah dan Timur Tengah menerangkan mengenai kehidupan awal bangsa ini. Di dalam sejarah manusia pula, bangsa Iran memainkan peranan yang penting dalam peradaban-peradaban awal. Kekaisaran Achaemenid, salah satu Kekaisaran Persia purba, adalah negara pertama yang menjadi negara majemuk. Sedangkan pahlawan wanita dari kelompok nomaden Scythia-Sarmatia yang menduduki kawasan-kawasan Rusia dan Siberia Barat menjadi sumber inspirasi sebuah legenda Yunani yaitu Legenda Amazon.[5][6] Agama-agama awal bangsa ini pula ialah Zoroastrianisme dan Manichaeisme.

    Suku-suku Iran ini juga tidak lepas dari penaklukan bangsa lain. Alexander Agung, seorang pahlawan Yunani, contohnya berjaya menaklukkan semua bangsa Iran kecuali mereka yang menetap di kawasan Asia Selatan, sedangkan kaum Arab pula berhasil mempengaruhi sebagian besar kebudayaan suku-suku ini. Di kawasan Utara atau Eropa, bangsa Iran ini berasimilasi dengan suku Slavia dan suku-suku Eropa lainnya.

    ReplyDelete
Post a Comment