Kebebasan Akses Informasi dan Lingkungan Picu Seks Pranikah

FERRY ARBANIA
By -
1
Utama | Bisnis & Pendidikan
Written by Redaksi Seruu.Com on Tuesday, 07 December 2010 15:58   
abgKupang, seruu.com - Dewan Pimpinan Daerah Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) NTT, Lucia Adinda Lebu Raya mengatakan makin terbukanya akses informasi ditambah tekanan dari lingkungan diyakini menjadi penyebab banyaknya remaja yang melakukan seks pranikah.
"Saat ini akses terhadap materi pornografi semakin mudah, misalnya lewat internet atau telepon seluler, belum lagi "pressure" dari temannya, misalnya pendapat yang mengatakan kalau masih perawan berarti kuno. Hal ini sedikit banyak mendorong remaja melakukan seks pranikah, katanya.

Lucia Adinda Lebu Raya yang juga isteri Gubernur NTT ini mengatakan, remaja umumnya memiliki rasa keingintahuan yang besar dan senang mencoba hal-hal baru. Karena itu, menurut Ketua Tim Penggerak PKK NTT ini, selain peranan orangtua, pendidikan seks sejak dini remaja perlu dibekali dengan informasi yang benar tentang tubuhnya, seksualitas, dan organ reproduksi, selain dari segi norma sosial dan spiritual (keagamaan).

"Kita wajib memberikan bekal pengetahuan yang lengkap dan transparan baik dari segi kesehatan maupun moral. Dan yang paling utama adalah bekal pengetahuan agama yang memadai, karena semua agama pasti mengharamkan perilaku seks pranikah tersebut," katanya. [ms]

Post a Comment

1Comments

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia

Post a Comment