SAHABAT FERRY ARBANIA

Bulan Memiliki Banyak Kandungan Air?

Bulan kemungkinan memiliki lebih banyak air dari yang kita bayangkan. Mungkin saja bisa lebih banyak dari sejumlah bagian yang terdapat di bumi. Demikian dinyatakan ilmuwan baru-baru ini.

Padahal sudah sejak lama bulan diyakini sebagai tempat yang kering dan berdebu. Hingga beberapa tahun lalu ditemuakan air membeku di sana untuk pertamakalinya.

Kini para ilmuwan dari Case Western Reserve University, Camegie Institution for Science dan Brown University meyakini di kedalaman bulan terdapat air yang dipercaya jumlahnya 100 kali lebih banyak dari perkiraan awal.

Ilmuwan mempelajari jenis tanah seperti kaca berwarna jingga yang diambil oleh astronot Amerika pada misi Apollo 17 tahun 1972. Bongkahan itu diyakini berasal dari ledakan erupsi bulan yang terjadi 3,7 juta tahun lalu.

Ilmuwan menggunakan perangkat yang disebut NanoSIMS 50L ion microprobe untuk menguji inklusi lelehan bulan ataupun dari batu bulan yang dicairkan.

Tak seperti kebanyakan kandungan dari gunung berapi, erupsi ledakan di bulan memiliki kandungan kristal yang menyimpan air di bagian dalam.

 “ini menjadi contoh yang kami miliki untuk meyakini adanya jumlah air yang banyak di bulan,” ungkap James Van Orman, seorang professor dari ilmu geological dari Case Western. [L-9]
Share on Google Plus

About FERRY ARBANIA

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia