Terimakasih Sudah Mengunjungi Blog Saya. Mohon Maaf Jika Ada Kesalahan, baik dalam penuisan maupun kutipan, dll. Saran dan Koreksi silahkan kirim ke email saya: ferry.arbania@gmail.com

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Jumat, Juli 11, 2025

Kisah Kecewa di Penghujung Sore

|Ferry Arbania|
ini motor bututku yang "ditolak" oknum karyawan Wash Car [dok.Ferry Arbania]




Beberapa menit yang lalu, tepatnya sebelum jam 5 sore,  saya merasakan betul bagaimana rasanya diperlakukan berbeda hanya karena penampilan.

 

Sore itu, saya bersama keluarga, membawa motor butut kesayangan kami, berniat mencucinya setelah hampir sebulan dikandangkan dirumah. Kami tiba di salah satu tempat cuci motor dan mobil di daerah Ganding, berharap motor kami bisa bersih kembali.

ini motor bututku yang "ditolak" oknum karyawan Wash Car [dok.Ferry Arbania]


Namun, harapan itu pupus. Seorang karyawan dengan sikap acuh tak acuh menghampiri dan mengatakan, "Maaf, sudah tutup." Nadanya datar, tanpa sedikit pun empati, seolah kami hanyalah gangguan.

 

Tidak ada tawaran untuk datang lagi besok, tidak ada senyum, hanya penolakan dingin yang terasa menyepelekan.

 

Jujur saja, perasaan kecewa dan sedih itu campur aduk. Saya membayangkan, bagaimana jika yang datang saat itu adalah seseorang dengan mobil mewah? Apakah perlakuan yang sama akan mereka terima?

 

ini motor bututku yang "ditolak" oknum karyawan Wash Car [dok.Ferry Arbania]

Pikiran saya langsung melayang pada cerita-cerita fiktif di media sosial tentang orang kaya yang menyamar menjadi orang miskin untuk melihat perlakuan sesungguhnya. Ternyata, ada benarnya juga. Perlakuan yang kurang manusiawi ini sungguh nyata.

 

Saya sangat prihatin dengan etos kerja dan pelayanan karyawan di dua tempat cuci motor dan mobil di Ganding ini. Padahal, pelayanan yang baik dan tatakrama adalah kunci utama dalam bisnis jasa.

Jika dibiarkan terus-menerus dengan sikap acuh tak acuh dan membeda-bedakan pelanggan, bukan tidak mungkin usaha ini akan kehilangan pelanggannya.

 


Semoga pemilik usaha segera mengevaluasi dan memberikan pelatihan yang layak kepada karyawannya.


 Karena bagaimanapun, pelayanan yang baik dan sikap ramah adalah modal utama yang tak ternilai harganya.

Salam kerendahan hati.


Ganding: Jum'at 11 Juli 2025


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ferry Arbania , Sahabat Indonesia

اَللّٰهُمَّ انْفَعْنِيْ بِمَا عَلَّمْتَنِيْ وَ عَلِّمْنِيْ مَا يَنْفَعُنِيْ وَ زِدْنِيْ عِلْمًا

Foto saya
Sumenep, Jawa Timur, Indonesia
JuRnAlIs yAnG SuKa NuLiS pUiSi

Jurnal Pesantren

Sahabat Indonesia

Ruang Diskusi